Kami Indonesia

Tutup

Keren, Brand Lokal Jaket Hujan Ini Viral Setelah Dibeli Jokowi

01-Nov-2018 65 0

Kamiindonesia.id - Ada yang berbeda saat Presiden Jokowi mampir ke Blibli O2O Market di IDEAFEST 2018. Foto-fotonya saat itu jadi viral. Ia terlihat begitu kasual dengan memakai pakai sebuah jaket berwarna cokelat yang keliatan keren!

Usut punya usut, luaran yang ia pakai merupakan sebuah jas hujan. Jas hujan ini dirancang untuk bisa dipakai di dalam ruangan atau sekedar nongkrong dengan merek Ame Raincoat, karya anak muda Indonesia yang sedang mengarungi dunia wirausaha.

Pemilik brand itupun, Mirza mengaku kaget saat gerai pamerannya di Idea Fest 2018 dihampiri Presiden Jokowi. Tak hanya menyambangi, kepala negara juga memboyong salah satu produk jaket andalan dari produknya. "Ini apa ya mas?," kata Mirza menirukan perkataan Jokowi, pada Jumat (26/10/2018).

Jas hujan Ame Raincoat itu berawal dari kegelisahan beberapa mahasiswa jurusan desain produk yang melihat jas hujan di Indonesia gitu-gitu aja modelnya, kalau bukan ponco ya gak jauh dari pasangan jaket dan celana.
Ame Raincoat kemudian didesain untuk ikut bertarung dalam penjualan jas hujan di negara tropis ini. “Jas hujan di Indonesia ya gitu-gitu aja,” ungkap Mirza Miftahuddin, salah satu founder Ame Raincoat.

Menurut cowok yang akrab disapa Mirza ini, selama kurang lebih sepuluh tahun ke belakang model jas hujan yang ada di Indonesia sama sekali nggak variatif. Kalau bukan ponco, pasti nggak jauh dari pasangan jaket celana yang mirip dengan pakaian tidur.

Padahal, sebagai negara tropis yang kental dengan musim hujan, cowok berumur 25 tahun ini berharap desain jas hujan yang beredar di pasaran bisa lebih stylish. Selain bisa melindungi diri dari derasnya hujan waktu boncengan bareng pacar kesayangan, Mirza juga ingin jas hujan yang dipakai bisa menjadi bagian dari outfit busana seseorang. Ia ingin musim hujan anak milenial bisa lebih fun sehingga mensyukuri hujan.
 
Berangkat dari misi tersebut, Mirza dan dua orang temannya memutuskan untuk membuat Ame Raincoat. Dengan modal awal nggak lebih dari Rp3.000.000,00, jas hujan ala Mirza dkk mulai ditawarkan dari satu teman ke teman lainnya. Bahkan, follower Instagram @ameraincoatpun awalnya hanya berisi tiga orang yang nggak lain adalah para founder-nya sendiri.

“Marketing sebenernya nggak begitu jor-joran, kita coba seorganik mungkin untuk produk ini,” cerita lulusan jurusan design product ini. Walau modal awal nggak terlalu besar dan pemasarannya hanya dari mulut ke mulut, kualitas jas hujan Ame Raincoat nggak bisa dipandang sebelah mata. Menawarkan model middle-long parka cut, anorak cut, sampai coach jacket cut, Ame Raincoat memastikan produknya dibuat dari bahan berkualitas.

Sebagai outer fabric, Ame Raincoat memilih polyester, polyurethane (PU) yang sudah dilaminasi. Sementara itu, cotton oxford dipilih sebagai lapisan bagian dalam jas hujan. Terus, kamu juga nggak perlu khawatir kebobolan air hujan karena ritsletingnya rapat banget. Semua produk Ame Raincoat menggunakan waterproof zipper yang sudah diuji coba kualitasnya. 

Sumber: Blibli.com, cnnindonesia.com.