Kami Indonesia

Tutup

Sering Dapat Berita Hoaks? Laporkan di Platform Ini

15-Oct-2018 64 0

Kamiindonesia.id - Beragam konten negatif tentang hoax hingga ujaran kebencian bisa dengan mudah ditemukan di linimasa. Sebagai pengguna internet, kita mungkin kerap merasa terganggu dengan adanya konten-konten tersebut.

Nah, ternyata ada cara untuk mencegah berita negatif atau hoax agar tidak tersebar luas. Pengguna internet bisa melaporkan berita hoax melalui sarana yang tersedia di masing-masing platform, mulai dari media sosial hingga situs pelaporan khusus.

Untuk media sosial Facebook, Anda bisa menggunakan fitur Report Status dan kategorikan informasi hoax tersebut sebagai ujaran kebencian, kekerasan, kata kasar, gangguan atau kategori lainnya yang sesuai. Jika ada banyak aduan dari pengguna internet lainnya, biasanya Facebook akan langsung menghapus status tersebut.

Jika kamu menemukan konten negatif di Google, bisa menggunakan fitur feedback untuk melaporkan situs dari hasil pencarian apabila berita tersebut mengandung informasi palsu.

Sedangkan untuk pengguna Twitter, media sosial ini memiliki fitur Report Tweet untuk melaporkan twit yang berbau negatif, demikian juga dengan Instagram yang mempunyai fitur serupa.

Di samping itu, para pengguna internet lainnya juga dapat mengadukan konten negatif ke Kementerian Komunikasi dan Informatika dengan melayangkan e-mail ke alamat aduankonten@mail.kominfo.go.id.

Ada pula situs data.turnbackhoax.id yang dapat menampung aduan hoax dari netizen. TurnBackHoax juga sekaligus berfungsi sebagai database yang berisi referensi berita hoax dari berbagai sumber. 

Source: kabarbaik.id