Kami Indonesia

Tutup

Suku Unik Di Indonesia Yang Terkenal Karena Budaya Dan Ada Istiadatnya

20-Feb-2018 1961 5

Indonesia memang kaya akan beragam kebudayaannya. Salah satunya adalah banyaknya suku yang ada di Indonesia. Beragam suku ini tentunya memiliki kebudayaannya masing-masing yang menjadikan mereka sebagai salah satu suku unik yang ada di Indonesia. Beberapa suku unik di Indonesia antara lain:

 

1. Suku baduy

Suku baduy adalah suku di Indonesia yang hidup tanpa semua unsur modernitas. Jadi kamu ga akan menemukan sesuatu seperti listrik, kendaraan atau apapun yang berhubungan dengan modernitas. Suku ini berasal dari daerah Banten yang dekat dengan ibu kota namun tidak tersentuh unsur modernitas sama sekali. Suku unik di Indonesia ini terdiri dari Baduy dalam dan baduy luar. Baduy dalam dan baduy luar memiliki perbedaan loh. Kalau baduy dalam sangat berpegang teguh pada adat istiadat mereka, seperti tidak boleh menggunakan atau membawa semua unsur modernitas, enggan mengetahui kehidupan dunia luar, tidak ingin difoto. Sedangkan untuk baduy luar, mereka memperbolehkan masyarakatnya untuk menggunakan peralatan modern. Suku baduy sangat produktif terhadap beragam kebudayaan, seperti seni dan juga tenun.

 

2. Suku Dayak

Ternyata, ada sekitar 400 sub-suku atau macam-macam suku Dayak di Indonesia loh. Suku Dayak sendiri memiliki arti sebagai suku yang mendiami bagian hulu sungai. Salah satu yang unik dari suku Dayak adalah tatonya. Bahkan vocalis Red Hot Chilli Peppers, Anthony Kiedis, pernah berkunjung ke Kalimantan dan dibuatkan tato oleh suku Dayak. Dan dia juga mengaku puas dengan tato buatan suku Dayak. Kepercayaan yang dianut suku Dayak dalam hal tato adalah, saat seorang warga suku Dayak yang memiliki tato hitam meninggal, tatonya akan berubah menjadi warna emas dan tubuhnya akan bersinar.

3. Suku sasak

Suku unik di Indonesia selanjutnya adalah suku sasak. Keunikannya adalah pada ritual penikahannya. Calon pengantin pria diharuskan harus menculik calon pengantin wanitanya. Tetapi harus sesuai dengan kesepakatan dari keluarga, tidak asal menculik saja. Selain itu, ada juga tradisi makan ketupat yang terkenal meriah. Para warga suku sasak ini akan mengunjungi berbagai tempat wisata dan mereka akan duduk bersama beralaskan tikar sambil makan ketupat yang telah dibawa dari rumah masing-masing.

4. Suku dani

 

Suku unik di Indonesia yang berasal dari Papua Barat. Suku dani ini sangat kaya akan budayanya dan tradisinya. Seperti rumah adat honai yang unik, tradisi bakar batu untuk menyambut tamu dan tari perang untuk menghormati para leluhur. Lalu, untuk urusan cinta, suku dani memiliki ritual yang tidak kalah uniknya. Yaitu mereka akan rela memotong jari mereka saat mereka berduka karena kehilangan pasangan atau keluarganya.

5. Suku asmat

Suku asmat sudah dikenal di Indonesia bahkan di dunia sebagai suku yang memiliki hasrat kuat pada kesenian, khususnya ukiran. Bahkan ukiran suku asmat ini memiliki ciri khasnya sendiri. banyak peneliti dari Indonesia maupun negara lain yang membuktikan bahwa adat istiadat suku asmat ini tetap terpelihara dan terjaga hingga saat ini.

6. Suku Buton

Suku ini terletak di Sulawesi Tenggara. Suku buton ini memiliki satu tradisi yang unik, yaitu ritual Pekande-kandea atau makan-makan. Ritual ini merupakan jamuan makan kepada tamu yang berkunjung, dengan cara disuapi oleh gadis-gadis suku buton. Zaman dahulu, ritual ini dilakukan untuk menyambut para pejuang dari medan perang.

Itulah beberapa suku unik di Indonesia yang terkenal karena keunikan budaya dan juga adat istiadatnya.

 

Sumber : http://www.tanahnusantara.com/suku-unik-di-indonesia-yang-terkenal-karena-budaya-dan-ada-istiadatnya/