Annisa Ramadhannia
Copywriter

Tutup

Workshop DreamPlanner; Bagaimana Menyusun Resolusi Sukses dalam 1 Tahun

09-Dec-2018 108 0

Jakarta International Premium Product Fair 2018 yang di gelar di Jakarta Convention Center (JCC) – Hall B, Senayan (24/11/2018) ini cukup banyak menarik perhatian banyak pengunjung  khususnya bagi mereka yang dari luar Indonesia. Pada kesempatan kali ini Jakarta International Premium Product Fair atau yang lebih di singkat dengan Ji-Premium.Yang pertama kalinya mengadakan pameran produk lokal dan international di Indonesia, tepatnya di Jakarta.

Namun, kali ini ada yang menarik dari Ji-Premium 2018, yakni perusahaan merchandise, motivasi dan inspirasi yang bergerak menciptakan dampak positif bagi mereka yang ingin sukses di kemudian hari. DreamPlanner menjadi salah satu exhibitor yang diberikan kesempatan untuk menjadi pembicara dalam acara workshop Ji-Premium 2018. Tidak hanya memperkenalkan produknya kepada masyarakat Indonesia namun mereka memberikan tips-tips mengenai bagaimana memnyusun mimpi agar mimpi tersebut menjadi lebih nyata.

Dalam workshop ini Stephen Septian dan Febiyani Santoso selaku Co-Founders Dream Planner membahas topik mengenai “How to Plan & Achieve Your Target Within 1 Year” dimana dalam workshop tersebut tidak hanya menjelaskan bagaimana penggunaan dari buku Dream Planner, tetapi mereka juga memberikan tips-tips mengenai bagaimana mencapai target dalam kurun waktu 1 tahun.

Mengapa Menyusun Impian Itu Penting?

Banyak sekali masyarakat Indonesia khususnya anak muda masih takut dengan mimpi yang terlalu tinggi. Takut akan gagal dan menjadi bahan omongan apabila tidak menggapai impiannya. Namun seiring dengan berjalannya waktu  semua itu bisa teratasi, terutama bagi mereka yang mempunyai impian, impian adalah Direction yang dimana nantinya kita mampu melakukan apa yang kita cita-citakan.

“Keduanya mempunyai tujuan yang sama, ketika kita ingin mencapai sebuah tujuan mereka harus punya penggerak untuk mencapai sebuah tujuan tersebut” Ucap Febiyani Santoso, saat ditemui di JCC, Senayan.

Direction ibarat sebuah petunjuk atau pengarahan dimana saat kita ingin berpergian kesebuah tempat. Biar destinasi tujuannya kita tidak sia-sia, begitu juga dengan mimpi. Percuma jika mempunyai mimpi tapi tidak pernah tahu tujuannya untuk apa dan bagaimana mencapainya.

Tidak hanya berbicara tentang bagaimana meraih kesuksesan dengan planning, namun dalam sesi workshop ini Febiyani Santoso mengungkapkan, ada beberapa aspek dalam kehidupan manusia untuk bisa seimbangkan dalam kehidupan sehari-hari hal ini juga menunjang bagaimana tercapainya sebuah impian. Antara lain adalah; Love, Health, Wealth dan Fullfilment. 4 aspek inilah yang sebaik mungkin harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari agar mencapai kehidupan yang lebih baik.

Dalam perbincangannya pada Sabtu lalu, Febiyani Santoso mengungkapkan ada 3 bagian hal penting di dalam buku DreamPlanner yakni; The Dream, The Plan, dan The Journey. Ketiga hal ini masuk kedalam Vision Board. Vision Board juga melatih bagaimana otak kanan dan otak kiri bekerja. Hal ini juga menjadi acuan bagaimana nantinya impian masyarakat Indonesia khususnya anak muda bisa tercapai.

Tidak hanya membicarakan Vision Board saja. Namun wanita yang lahir 25 tahun silam ini, mengatakan setiap manusia tentu mempunyai Ideal Life nya masing-masing, namun tidak semua dari mereka yang bisa mewujudkan Ideal Life nya. Hal ini dikarenakan kurangnya pengetahuan bagaimana menyusun perencanaan tentang masa depan. Namun dengan adanya workshop tersebut ada beberapa hal terpenting untuk  diterapkan di kehidupanmu.

1. Renungkan Diri Sendiri Selama 5 Menit

Bayangkan seandainya jika hidup ini tidak ada logika sama sekali, tidak perlu bersusah payah memikirkan akal sehat, demi sebuah tujuan yang baik, maka ada sebuah tindakan yang harus dilakukan. Bicaralah kepada diri sendiri, dengan keadaan seperti ini seseorang mampu  memiliki kehidupan yang sangat ideal.

“Kehidupan yang ideal bukan hanya sekedar kehidupan yang kamu harapkan namun kehidupan yang kamu perlu kamu syukuri” Ucap Febiyani Santoso.

2. Planning Semua Apa yang Kamu Impikan

Dalam sebuah perencanaan terkadang seseorang harus membutuhkan sebuah planning, dalam sebuah pencapaian ada sebuah target, target inilah yang nantinya untuk mencapai sebuah impian. Terkadang masyarakat Indonesia masih ada yang bingung mengenai target dan mimpi. Namun pada dasarnya 2 hal tersebut berbeda, dan punya cara tersendiri untuk mencapainya.

3. Pilih Salah Satu Mimpimu

Di dalam buku DreamPlanner terdapat Ultimate Goal, para penulis harus mengisi salah satu impian saja, yang paling krusial tentunya. Sebelum mencapai Ultimate Goal, para penulis juga di haruskan harus mengisi Break it Down di mana seorang penulis harus mengisi bagian-bagian planning di bulan pertamanya hingga bulan-bulan berikutnya. Tidak hanya itu, di dalam sebuah impian terdapat power of why. Power of why adalah sebuah alasan di mana para penulis memiliki alasan untuk mewujudkan mimpi-mimpinya.

“Didalam power of why ada 2 alasan di mana alasan pertama adalah alasan disukai, untuk alasan kedua, alasan yang tidak disukai” tutur Stephen Septian, saat menjelaskan bagaimana mencapai sebuah ultimate goal.

Dengan berakhirnya workshop ini, peserta yang mengikuti workshop DreamPlanner diharapkan dapat memahami bahwa penyusunan perencanaan impian sangatlah berharga. Kesehatan pikiran dan jiwa juga tidak kalah pentingnya untuk mencapai sebuah tujuan. Dan untuk bisa mencapai sebuah tujuan, harus ada penggerak yaitu dirimu sendiri. Bukan hanya dirimu yang harus tahu dimana tujuan akhirmu, tapi kamu juga harus tahu di posisimu sekarang.