Kami Indonesia

Tutup

Alfian Pamungkas Sakawiguna, Pengusaha Muda Web Hosting yang tidak lupa kampung halaman

05-Aug-2019 216 0

Kamiindonesia.id - Sebagai pengguna aktif internet mungkin banyak dari kita yang sempat berpiikir kalau data-data yang kita lihat bersumber dari mana, tersimpan dimana, servernya dimana.

Tapi bagi orang-orang berkecimpung di dunia IT tentu sudah tidak asing lagi dengan hal tersebut karena sudah jadi harian mereka untuk berhubungan dengan data-data di internet, server, data center dan hosting lain sebagainya.

Kalau membahas masalah server, data center dan juga hosting, salah satu anak negeri yaitu Alfian Pamungkas Sakawiguna sudah menguasai hal tersebut.

Tidak hanya menguasai, tapi pria yang lahir di Sukabumi 30 November 1995 ini sudah bisa disebut pemuda sukses yang bergerak di bidang IT karena dia telah menjadi CEO PT. Cloud Hosting Indonesia.

Sebuah perusahaan web hosting provider yang menyediakan layanan server VPS, dedicated server, domain , reseller domain dan jenis hosting lainnya. Tidak tanggung-tanggung, perusahaan yang didirikan oleh Alfian ini memiliki data center tidak hanya di Indonesia tapi juga ada di Singapura dan Inggris.

Terdaftar sebagai mahasiswa di Telkom University Bandung jurusan Teknik Informatika, Alfian memulai bisnisnya sejak masih SMA.

Duduk di bangku SMA dengan jiwa penasaran yang tinggi, Alfian mulai tekun mempelajari softwere – software dan program-program komputer. Dan semakin rajin mempelajarinya ketika Ia mendirikan warnet di kampungnya.

Karena ketertarikannya dengan dunia IT yang begitu besar, pihak sekolah pun memberikan kepercayaan kepada Alfian untuk mengurus server milik sekolah dengan syarat website sekolah harus tetap online.

Berkat ketekunannya dari bangku SMA hingga tahu kalau ada penyedia layanan penyimpanan data, Alfian pun mulai membuka perusahaan PT. Cloud Hosting Indonesia di bangku kuliah tanpa berpikir keuntungan terlebih dahulu.

Hingga sekarang perusahaan yang ia dirikan sudah memiliki lebih 36 ribu pelanggan yang terdiri dari personal, perusahaan besar hingga kementrian. Keuntungan yang didapatkan perusahaan ini pun hingga ratusan juta.

Menurut pria kelahiran sukabumi ini, walaupun jurusan IT dianggap rumit, hal tersebut bukanlah hal yang mesti di takuti tapi harus dibawa asyik karena tantangannya harus dinikmati.

Sukses berbisnis di bidang IT membawa Alfian menjadi juara II kategori industri, perdagangan dan jasa dalam kontes Wirausaha Muda Mandiri pada tahun 2015 di Yogyakarta.

Tidak hanya itu, di tahun 2017, perusahaan yang ia dirikan menjadi finalis di acara Datacenter Dynamics Asia Pacific Awards 2017 di Hong Kong kategori Cloud Journey of the Year.

Karena kesuksesan bisnisnya ini, Alfian sering menjadi pembicara di berbagai Negara dan perguruan tinggi.

Hingga kini, perusahaan yang ia dirikan telah memiliki 3 kantor yaitu Bandung, Jakarta dan Sukabumi.

Walau bisnisnya sukses hingga manca negara, Alfian tidak lupa dengan kampung halamannya. Di kampung halamannya ia menggartiskan akses internet untuk seluruh warga sekitar rumahnya. Dan juga memberikan bantuan beasiswa untuk siswa yang berprestasi dan tidak mampu untuk lanjut kuliah di Telkom university Bandung.

Ketika mengawali bisnis hostingnya, Alfian hanya bermodalkan server dan website seadanya dan harus bersaing dengan perusahaan hosting lain yang sudah lebih dulu terjun di dalamnya dengan peralatan yang sudah serba lengkap.

Namun berkat percaya diri dan rasa optimisnya yang begitu besar, Alfian akhirnya bisa melampaui para kompetitor yang sudah lebih dulu berkiprah.