Kami Indonesia

Tutup

'Crazy Rich' Indonesian Lakukan Aksi Ini Agar Rupiah Menguat

08-Oct-2018 121 0

Kamiindonesia.id - Melemahnya rupiah terhadap dollar terus terjadi. Nilai tukar rupiah pun anjlok dan membuat para pemangku kepentingan was-was. Demi menstabilkan kondisi perekonomian nasional. Aksi penyelamatan rupiah pun tidak berhenti, para 'crazy rich' alias orang super kaya di Indonesia juga berlomba-lomba melakukannya. Kali ini giliran perusahaan PT Bumi Resources Tbk (BUMI).

PT Bumi Resources Tbk (BUMI) akan mengkonversi 80% pendapatan, yang mencapai US$ 5 miliar atau setara Rp 75 triliun, ke dalam rupiah. Artinya, nilai pendapatan BUMI yang akan dikonversi dari dolar AS ke rupiah tersebut mencapai Rp 60 triliun.

Presiden Direktur & CEO BUMI Saptari Hoedaja mengatakan hal ini dilakukan untuk ikut mendukung penguatan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS.

"BUMI adalah perusahaan yang bertanggungjawab mendukung kebijakan pemerintah dan sepenuhnya mendukung prioritas nasional dalam melindungi rupiah dan negara," kata Saptari melalui siaran pers yang diterima CNBC Indonesia.

Sebelumnya aksi para crazy rich Indonesia sempat bikin heboh juga, di antaranya adalah aksi para crazy rich Surabayan dan salah satu orang terkaya RI Garibaldi Thohir.

Garibaldi Thohir atau akrab disapa Boy Thohir, membuat gebrakan dengan menukar transaksi perusahaan PT Adaro Energy Tbk (ADRO) yang selama ini menggunakan dolar AS ke rupiah.

Tak tanggung-tanggung, total transaksi yang dikonversi oleh kakak dari Erick Thohir ini diperkirakan mencapai US$ 1,7 miliar atau setara dengan Rp 25 triliun. Transaksi ini didapat dari kerja sama dengan mitra lokal seperti Pertamina, Pama, dan lainnya.

Lalu, ada juga aksi crazy rich Surabayan. Setidaknya, lebih dari 1.000 perusahaan ikut berpartisipasi. Tak tanggung-tanggung, dana yang mereka keluarkan pun tak sedikit. Sekitar US$ 50 juta, sebuah dana fantastis, yang tidak mungkin dikeluarkan sebagian banyak orang secara cuma-cuma.

Source: CNBC Indonesia.

Foto: reuters