Home » Finance » Kode Bank BCA

Kode Bank BCA

Belum tahu mengenai kode bank BCA? Temukan informasi lengkap mengenai kode Bank BCA konvensional dan Syariah pada artikel terbaru ini.

Kode Bank BCA

KamiIndonesia.id – Kode bank BCA diperlukan ketika melakukan transfer dari bank lain melalui ATM atau SMS banking. Sebelum melakukan transaksi ini, sebaiknya ketahui terlebih dulu kode bank BCA karena kode tersebut menjadi syarat penting saat melakukan transfer dari bank lain. Karena tanpa kode bank, proses transfer tidak akan berhasil.

Kode tersebut merupakan kode identifikasi transaksi yang diperlukan oleh mesin ATM atau SMS banking dalam memproses kegiatan transfer saldo. Karena itu, setiap bank memiliki kode identitas masing-masing yang diperlukan saat melakukan transfer dari rekening bank yang berbeda.

Kode bank BCA sebagai kode transaksi adalah 014. Input kode ini di mesin ATM atau pada format pesan transfer saldo melalui SMS banking jika menggunakan rekening dari bank selain BCA.

Jika melakukan transfer ke rekening di mesin ATM dari bank selain BCA, akan ada 3 kolom yang harus diisi dengan kode 014 yang kemudian diikuti dengan nomor rekening BCA yang menjadi tujuan transfer. Sebenarnya sudah tersedia menu untuk mencari kode tersebut di mesin ATM, tapi mengingat kode ini menjadi lebih praktis.

Cara Menggunakan Kode Bank BCA

Lalu bagaimana cara menggunakan kode BCA untuk melakukan transfer saldo dari rekening bank lain? Jika belum mengetahuinya, di sini akan dijelaskan cara menggunakan kode BCA untuk transfer dari mesin ATM dan SMS banking.

1. Cara Menggunakan Kode BCA di SMS Banking

Transaksi SMS banking dari rekening bank selain BCA sudah pasti mengharuskan nasabahnya untuk memasukkan kode bank BCA dalam format pesan transaksinya. Kode BCA yang sudah kita ketahui yaitu 014.

Tanpa memasukkan kode BCA ke dalam format pesan transaksi maka proses transfer tidak bisa dilanjutkan. Mau tidak mau nasabah harus mengulang lagi untuk mengirim format pesan yang benar agar transaksi bisa diproses. Jika masih bingung, di bawah ini adalah contoh cara menggunakan kode BCA dari BRI.

  • Buka fitur pesan / SMS di handphone
  • Buat pesan baru
  • Kemudian ketik SMS TRANSFER [spasi] kode bank BCA diikuti dengan nomor rekening BCA yang dituju [spasi] nominal saldo yang akan ditransfer [spasi] PIN
  • Contoh: TRANSFER 0148105336087 100000 123456
  • Lalu kirim SMS ke nomor 3300

Jika transaksi sudah berhasil maka akan ada pesan masuk dari 3300 yang menginformasikan bahwa transaksi tersebut sudah berhasil. Untuk melalukan transaksi melalui SMS banking biasanya dikenakan tarif Rp. 1.000 – Rp. 1.500 per transaksi.

2. Cara Menggunakan Kode BCA di Mesin ATM

Melakukan transfer ke rekening BCA dari ATM bank lain juga mengharuskan nasabahnya untuk memasukkan kode 014 untuk memproses transfer. Biasanya format yang dimasukkan di mesin ATM yaitu kode BCA diikuti dengan nomor rekening BCA. Berikut ini cara melakukan transfer di ATM bank selain BCA.

  • Bawalah kartu ATM yang akan digunakan untuk transfer lalu kunjungi mesin ATM terdekat
  • Kemudian masukkan kartu ATM ke mesin ATM
  • Pilih Bahasa Indonesia
  • Masukkan PIN ATM dengan benar
  • Pilih Transaksi Lainnya, lalu pilih Transfer, dan pilih Transfer Antar Bank
  • Masukkan kode 014 diikuti dengan nomor rekening BCA yang menjadi tujuan transfer
  • Masukkan nominal saldo yang ingin ditransfer ke rekening BCA tersebut
  • Pilih Benar, lalu pilih YA
  • Tunggu sampai mesin ATM selesai memproses transaksi lalu pili YA untuk cetak struk bukti transfer

Struk bukti transfer yang keluar sebaiknya disimpan sampai si penerima transfer sudah mengkonfirmasi bahwa saldo yang ditransfer tersebut sudah diterima di rekening BCA tadi. Proses transfer sudah berhasil. Cara yang sangat mudah untuk dilakukan bukan?

FAQ:

1. Apakah yang dimaksud dengan Kode Bank?

Kode bank merupakan serial number yang berupa 3 digit angka sebagai identitas resmi suatu bank yang digunakan saat melakukan transaksi pengiriman uang antar bank melalui mesin ATM dan SMS banking.

2. Berapa Kode dari Bank BCA?

Kode bank BCA yaiitu 014 yang mana kode ini menjadi syarat penting dalam melakukan proses transaksi pengirinan uang antar bank dalam negeri ataupun luar negeri.

3. Berapa Kode dari Bank BCA Syariah?

Kode bank BCA Syariah berbeda dari kode bank BCA konvensional, yaitu 536.

4. Bagaimana Cara Melakukan Transfer ke Bank BCA?

Transfer bisa dilakukan melalui mesin ATM, iBanking, dan SMS banking. Jika transfer dilakukan dari rekening bank selain BCA maka gunakan kode 014 saat memasukkan nomor rekening BCA yang dituju.

Semoga informasi mengenai kode transfer bank BCA dari KamiIndonesia.id bisa bermanfaat untuk teman-teman semua dalam proses transaksi pengiriman uang dari bank lain ke bank BCA.